A. Produk Rekayasa Elektronik Praktis Berbasis Pelanggan
PELAJAR.ORG
- Berkembangnya peradaban manusia membutuhkan dukungan dalam segala
lini kehidupan untuk mengembangkan sistem dalam menopang kebutuhan yang
terus berkembang. Era yang serba cepat dan praktis membutuhkan sarana
yang betul-betul menyentuh pada kebutuhan baik yang bersifat primer,
sekunder, maupun tersier atau kebutuhan lebih tinggi yaitu bermanfaat
dan bermakna bagi orang di luar dirinya.
Produk berbasis pelanggan
yang dimaksudkan adalah produk yang dibuat atas dasar sasaran pasar dan
variabel yang berpengaruh signifikan atas penggunaan produk oleh
pelanggan.
Pembuatan produk didahului dengan berusaha
untuk mendapatkan informasi dari kebutuhan dan harapan pelanggan,
sehingga mendapatkan informasi yang tepat, akurat, dan bermanfaat untuk
ditindaklanjuti dalam pembuatan produk sesuai dengan harapan pelanggan
sehingga didapatkan penjualan yang efektif dan efisien.
Segementasi
pasar didasarkan pada variabel diantaranya melalui usia, frekuensi
penggunaan produk, area atau daerah tempat tinggal, jenis komunitas dan
lain-lain. Variabel kemudian diolah berdasarkan persamaan perilaku
pelanggan untuk mendapatkan suatu produk sesuai dengan harapan
pelanggan.
Pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam
melakukan segmentasi pasar produk atau jasa diantaranya peluang pasar
yang ada, perkembangan perekonomian, teknologi dalam era global, sistem
segmentasi yang dilakukan pesaing, profitabilitas setiap pelanggan atau
komunitas, kekinian, faktor demografi, dan perubahan perilaku pelanggan.
Kekuatan
Industri Kreatif Digital dapat dikelompokkan menjadi 6 jenis, yang
biasa disingkat GEMASS yaitu Game, Education, Music, Animation, Software
dan Sosial Media.
Kemandirian dalam menggali ide, memilih potensi
produk yang dapat bersaing baik ditingkat lokal maupun global dapat
meningkatkan keanekaragaman produk yang memiliki nilai dan daya saing
tinggi dalam memenuhi kebutuhan.
Industri kreatif digital dibidang
pendidikan (Education), dapat dikembangkan antara lain sistem informasi
aplikasi pendidikan, media pembelajaran interaktif, promosi produk,
pariwisata dan budaya.
B. Kewirausahaan Produk Rekayasa
Kewirausahaan
dalam pembuatan produk rekayasa menjadi peluang yang baik dalam
mengembangkan kreatifitas dan inovasi baig sumber daya yang tersedia.
Banyaknya
variasi karya yang dihasilkan menambah keberagaman karya rekayasa yang
secara bertahap mengalami penyempurnaan dan sebagai bagian solusi dari
kebutuhan masyarakat yang beragam.
Dalam kaitannya pembuatan produk rekayasa, maka akan memakai method Action Loop.
Berikut
Action Loop yang dimaksudkan, Informasi tugas atau pekerjaan (inform)
yang disampaikan, dikembangkan dalam bentuk perencanaan dan menyiapkan
dokumen secara tertulis (Plan), Perencanaan kerja dibuat, dan keputusan
diambil atas semu kebutuhan yang diperlukan termasuk alat dan bahan /
material (decide). Tugas dilaksanakan dengan memperhatikan kriteria yang
ditentukan (carry out). Pengecekan produk (control) dan melakukan
evaluasi dengan mendiskusikan produk yang telah dibuat (evaluate).
Tahap kewirausahaan:
1. Tahap memulai
Melihat
peluang usaha produk rekayasa menjadi begian utama dan pertama dan
menentukan jenis usaha yang dikembangkan baik itu berupa produk maupun
jasa. Menetapkan prosedur antara lain jenis usaha, manfaat, teknik
rekayasa dan pengemasan.
2. Tahap Melaksanakan
Praktek
usaha produk rekayasa berdasarkan kebutuhan sumber daya yang meliputi
6M (Man, Money, Material, Machine, Method, Market).
3. Tahap Mempertahankan
Usaha
produk rekayasa dalam mempertahankan dalam produksi dengan melakukan
analisis perkembangan dan ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang
dihadapi.
4. Tahap Mengembangkan
Kreatifitas dan
inovasi menjadi penting untuk mengembangkan usaha produk rekayasa baik
yang bergerak dibidang jasa maupun produk. Hasil usaha yang dijalankan
secara positif, mengalami perkembangan yang baik dan cenderung bertahan.
C. Produk Elektronika Praktis
1. Aneka Jenis Produk Elektronika Praktis
Produk
elektronika sebagai dasar teknologi dari produk yang banyak kita jumpai
dalam kehidupan sehari-hari, dapat kita jumpai diantaranya di rumah
kita menggunakan peralatan rumah tanggan, komputer, televisi,
mendengarka musik dengan VCD, siaran berita dari radio, komunikasi
dengan telepon.
Di kantor dan industri dijumpai penggunaan
printer, faximile, sensor alat pendeteksi, robot perakit dan ketika kita
melewati jalan raya disana banyak sekali penggunaan papan reklame,
lampu penerangan jalan otomatis.
2. Manfaat Produk Elektronika Praktis
Rangkaian
elektronik dalam perkembangannya bermanfaat di dunia industri kreatif
baik untuk kebutuhan skala industri rumah tangga maupun skala industri
besar.
Tentunya dengan semua kecanggihan itu, diharapkan peran
produk elektronika praktis mampu membantu dan mempermudah berbagai
pekerjaan yang dilakukan manusia sehari-hari.
3. Bahan Pembuatan Produk Elektronika Praktis
a. Material bagian mekanik
Material
ini biasanya berupa produk hasil limbah tak terpakai, biasa disebut
sebagai cover atau bagian luaran produk yang telah berhasil dibuat.
b. Material bagian elekronik
Dalam
kaitannya material elekronik, banyak sekali rangkaian yang memakai
komponen elektronik ini. Contohnya : Lampu penerangan LED (Light Emiting
Diode), Resistor (Penghambat), Baterai, Saklar Geser, Printed Circuit
Board (PCB), Transistor, Kapasitor, Kondensator, Trafo, IC,dan lain -
lain.
c. Material bagian pengemasan
Material ini berupa
pembungkus, wadah dan pengepakan. Berfungsi melindungi produk agar tidak
kotor, rusak, terkontaminasi benda asing dan lainnya.
D. Langkah - langkah Pengembangan Desain dan Produksi
Menemukan
ide merupakan hal wajib yang dilakukan sebelum mendesain suatu produk,
sehingga proses pencarian ide menjadi hal yang sangat penting.
Ide desain produk elektronika praktis dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
1. Mengenali pasar sasaran dan selera pasar;
2. Melakukan eksplorasi material untuk menghasilkan estetika produk yang berbeda dan unik;
3. Memikirkan dimana produk itu akan diletakkan dan digunakan.
E. Bahan Pendukung Produk Elektronika Praktis
a. Sumber Daya Alam (Terbarui dan tak terbarui)
b. Sumber Daya Manusia
F. Prosedur Keselamatan Kerja
Keselamatan
kerja adalah unsur-unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasan
kerja yang aman, baik berupa materil maupun non materiil.
Penunjang keamanan yang bersifat material: Baju kerja, Helm, Kacamata, Sarung tangan, sepatu dan lainnya.
Penunjang
keamanan yang bersifat non material: Buku petunjuk, Rambu - rambu dan
isyarat bahaya, himbauan-himbauan, petugas keamanan.
G. Simulasi Wirausaha Produk Elektronika Praktis
Format rencana usaha sebagai berikut:
1. Executive Summary
a. Berisi rangkuman eksekutif dan visi dari rencana usaha.
2. Bussiness Discription
a. Deskripsi secara umum, keunggulan dan keunikan yang kompetitif produk atau jasa yang dibuat.
3. Vision, Mission and Objectives
a. Visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai.
4. Marketing
a. Segmentasi pasar, target pasar dan positioning.
b. Penetapan bunga.
c. Pelaksanaan distribusi.
d. Promosi yang akan dilakukan.
e. Pengembangan produk.
f. Kemungkinan pengembangan pemasaran berbasis IT.
5. Operation and Production
a. Pemilihan lokasi usaha
b. Rencana tata letak
c. Proses produksi / gambaran teknologi
d. Keadaan lokasi dan perlengkapannya
e. Keadaan mesin dan perlengkapannya
f. Sumber-sumber bahan baku dan pemasok barang
g. Rencana kemungkinan kemitraan dengan pemasok bahan baku atau barang
6. Organization
a. Bentuk kepemilikan dan struktur organisasi
b. Informasi tentang partner
c. Latar belakang anggot tim manajemen
d. Peranan dan tanggung jawab personalia dalam organisasi.
7. Financial
a. Kebutuhan modal
b. Sumber dan penggunaan modal
c. Laporan keuangan meliputi:
- proyeksi penjualan
- proyeksi laba/rugi
- proyeksi cash flow
- Neraca
- Analisis titik impas (BEP)
- Rasio keuangan untuk mengetahui kinerja usaha.
8. Critical Risk
a. Masalah yang berpotensi terjadi
b. Alternatif solusi masalah
9. Appendix
a. Surat-surat pengalaman usaha
b. Data penelitian pasar
c. Surat-surat kontrak dan dokumen perjanjian kemitraan
d. Daftar harga dan pemasok bahan baku
e. Peta lokasi bisnis yang meliputi detail alamat dan tujuan.
Tags:
Macam - macam produk elektronika praktis, cara membuat produk
elektronika praktis,prakarya kewirausahaan, rekayasa, budidaya, materi
PKU.
Belum ada tanggapan untuk " "
Posting Komentar
Berkomentarlah sesuai artikel, komentar tidak nyambung akan saya hapus.