Beranda · Tutorial · Widget · Tips

Cara Agar Blog Kita Mempunyai Banyak Pengunjung

Ini dia cara agar blog kita mempunyai banyak pengunjung!, sesuai judulnya kali ini saya akan membagikan sedikit cara supaya blog kita kita mempunyai banyak pengunjung, siapa sih di sini yang tidak ingin mempunyai pengunjung blog yang banyak?, pasti semuanya ingin tapi bagaimana caranya? apakah anda tahu?, nah di sini saya akan coba kupas sedikit bagimana caranya, meski tidak terlalu dijelaskan terlalu detail, tapi saya akan jelaskan semampu saya saja oke.



Daftar Isi :   1. Keuntungan mempunyai blog dengan pengunjung banyak
                     2. Cara membuat pengunjung banyak :
                       - Pilih dulu niche blog yang ingin kalian gunakan
                       - Buat blog dengan nama domain atau subdomain sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan
                       - Fokus buat artikel yang banyak, sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan
                       - Lakukan SEO On Page dengan maksimal
                       - Optimasikan Blog anda di Webmaster
                       - Cari Backlink (SEO Off Page)

Sebelumnya saya akan membagikan terlebih dahula apa sih manfaatnya blog kita bila mempunyai banyak pengunjung?, ada segudang manfaat yang sangat membuat kita berbinar - binar mendengarnya bila kita tahu apa saja manfaatnya, tapi disini saya akan coba ulas sedikit apa saja manfaatnya, ini dia :

Ini dia keuntungan blog yang mempunyai banyak pengunjung




1. Banyak pengunjung berarti banyak sahabat
    Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengunjung pasti kita otomatis mempunyai banyak teman, bisa kita bayangkan saja bila kita di mempunyai banyak pengunjung pasti banyak yang komentar di blog kita, terus bila kita ramah atau bisa dibilang saling menyapa, pasti banyak yang ingin memhubungi atau paling tidak mengikuti kita lewat sosial media, entah itu, google +, facebook, twitter, dan sebagainya. Suguh luar biasakan?, jadi berasa punya banyak teman di dunia lain gitu.

2. Menandakan bahwa blog yang kita miliki hidup
    Seperti oksigen kita ibaratkan pengunjung, anda bisa bayangkan saja buat apa sih punya banyak artikel atau pun punya blog yang keren bigo, bingit, banget, tapi tidak punya banyak pengunjung, berasa sia - siakan?, jadi bisa kita ibaratkan bila manusia kekurangan oksigen saja, bila punya blog tampa pengunjung.

3. Bisa buat tambah - tambah uang jajan
    Bisa kita bayangkan saja bila kita mempunyai banyak pengunjung terus kita daftarkan blog kita di google adsense, chitika, dan sebagainya, atau kita buat penawaran kepada pengunjung untuk memasang iklan di blog kita pastinya kita akan mempunyai sedikit uang tambahan untuk kita dari hasil para pengiklan. Lumayankan sobat, sebari nulis, kita merauk keuntungan juga bukan, jadi berasa terbalaskan kan perjuangkan kita yang kita curahakan untuk mengurus blog kita ini?.

4. Jadi terlihat keren
    Jadi lebih keren?, wah masa?, ya iyalah bisa kita bayangkan saja bila kalian mempunyai pengunjung banyak berarti kita telah sukses mengurus blog anda dengan baik bukan?, ya menurut saya jadi terlihat lebih kerenkan?.

5. Jualan jadi lebih laris
    Bila kita penjual pasti tahu dong rasanya bagaimana?, ya pastinya sangat - sangat menyenangkan, karena dengan kita mempunyai banyak pengunjung otomatis dagangan kita juga akan laris manis bukan?, contohnya saja, bila lazada.co.id tidak mempunyai banyak pengunjung apakah bisa mereka menjadi situs jual beli online no 1 di indonesia ini?.

6. Masih banyak lagi

   Saya tidak mungkin sebutkan satu - satu tapi yang pasti sangatlah banyak manfaat yang diberikan oleh blog yang mempunyai banyak pengunjung untuk pemiliknya.

Baiklah langsung saja ini dia cara agar blog kalian dengan mudah mempunyai banyak pengunjung



1. Pilih dulu niche blog yang ingin kalian gunakan




   Ini adalah hal pertama yang harus kalian lakukan, yaitu memilih niche blog atau memilih topik yang ingin kita bahas di blog kita. Saya sarankan saja memilih niche blog atau memilih topik blog yang anda urus sesuai dengan hobi atau kemampuan yang anda senangi, karena akan lebih mudah diurus.

2. Buat blog dengan nama domain atau subdomain sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan




   Ini adalah hal kedua yang kalian harus lakukan cari domain atau subdomian yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan oleh kalian, misalnya kita menargetkan kata kunci "jual buku" yang pasti domain atau subdomain yang kita gunakan atau yang kita pilih tidak mungkin "carakomputer.com" atau "carakomputer.abc.com" bukan?, yang pasti kita harus mengambil domain atau subdomain yang revlan dengan kata kunci yang kita incar tadi, bila kata kunci yang kita incar "jual buku" yang pasti domain atau subdomain yang kita pilih pasti yang nyambung dengan kata kuncinya bukan yang tidak nyambung dengan kata kuncinya, bila kita ambil kata kunci tersebut yang pasti mungkin kita akan memilih domain atau subdomain "jualbuku.com" atau "jualbuku.abc.com" sesuai dengan kata kunci incaran kita. Anda bisa beli domain di namecheap.com, godaddy.com dan sebagainya. Anda juga bisa gunakan web 2.0 sebagai blog anda, seperti blogger.com, wordpress.com, weebly.com, dan sebagainya (subdomain).

3. Fokus buat artikel yang banyak, sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan




   Ini adalah inti dari apa itu yang namanya blog, bila blog tampa artikel memang bisa di sebut blog?. Saya di sini memberikan saran kepada kalian semua supaya membuat artikel 1 saja perhari, atau bila kalian sanggup membuat artikel yang lebih banyak buatlah maksimal 5 artikel saja perharinya jangan berlebih, memang saya sebuatkan fokus buat artikel banyak, tapi inti dari itu adalah konsisten bertujuan membuat banyak artikel tapi jangan berlebih, dan ingat artikelnya harus bukan hasil copas dan harus berkualitas, karena mesin perncari juga tidak suka yang berlebihan, dan sangat suka artikel yang tidak copas dan berkualitas. Dan ingat buatlah artikel yang sudah kita incar kata kuncinya. Semisal kita menargetkan kata kunci "Jual Buku" dan sudah melakukan yang saya jelaskan di nomor dua dengan benar, dan misalnya kalian menggunkan domain "jualbuku.com", pasti yang kalian posting bukanlah artikel tentang "cara mengoperasikan komputer bukan?", tapi tentang "tentang penjualan buku online" bukan?, ya begitulah intinya "kita harus fokus saja sama satu kata kunci meski hal yang di incar kita kurang lebar atau kurang bisa bahas banyak" ingat itu, karena niatnya kita mengkupas tutas tentang kata kunci tersebut yang pasti kita harus kupas tuntas tetang hal tersebut (siapa suruh memilih kata kunci tersebut).
Dan saya mengarankan buatlah artikel minimal 500 kata. Untuk cara mengoptimalkan tulisan kita di blog lebih lanjutnya bisa kalian cari di google.

4. Lakukan SEO On Page dengan maksimal




   Nah yang satu tidak boleh kita tinggalkan, karena ini sangatlah berpengaruh. Kita ambil contoh saja bila si a mempunyai blog dengan template fast dan responsive bandingkan dengan blog yang si b kelola tidak fast dan responsive, mana yang mempunyai pengunjung lebih banyak, si a atau si b?, yang pasti yang mempunyai pengunjung lebih banyak yaitu si a, karena google suka dengan blog yang mempunyai kecepatan yang tinggi, karena proses pengindexan lebih mudah dan lebih cepat, dan tidak bisa di pungkiri juga bahwa kita sangatlah suka dengan blog yang mempunyai kecepatan tinggi, karena tidak membebankan kita, jadi tidak boros kuota karena berbagai macam pernak pernik tampilan di blog yang sedang kita kunjungi tersebut, dan bila template kita responsive berarti sangat berguna karena blog kita bisa dibuka di mana saja tampa hambatan, entah itu di tablet, smartphone, ataupun komputer. Bukan hanya template saja yang kita harus optimasikan masih banyak lagi yang harus kita aplikasikan terhadap blog kita, kalian bisa baca cara di blog mas sugeng yang mas sugeng jelaskan di sini (tentang pengoptimalan blog), karena tidak mungkin saya jelaskan semua di sini, saya hanya ambil contoh satu saja tadi.

5. Optimasikan Blog anda di Webmaster




   Ini sangatlah tidaklah boleh ditinggalkan karena webmaster sangatlah berpengaruh terhadap pengindexan blog kita. kalian bisa mencari di google cara memaksimalkan blog di webmaser, cari saja banyak yang membahasnya kok, tapi mungkin nanti saya bahas kok di blog ini, ma'af belum sempat di bahas. Layanan yang satu ini disediakan langsung oleh google, kalian bisa langsung ke google web master lewat sini.

6. Cari Backlink (SEO Off Page)

**(Oke buat yang udah jago, tapi tidak buat yang belum jago)


   Ini menang super berpengaruh terhadap optimalnya blog kita bagaimana munculnya di pejwan atau tidak, tapi seperti yang saya bicarakan ini memang cukup susah untuk yang masih awam seperti saya juga, tapi buat yang jago mungkin ini sangatlah tidak masalah, tapi buat yang belum jago saya saran saja ikuti saran saya di bawah ini, ini saran saya :

1. Share saja artikel atau blog anda di sosial media yang anda punya, seperti : google +, facebook, twitter, dan sebaginya
2. Submit ke social bookmark, seperti : Digg, Reddit, Delicious, dan sebaginya
3. Melalukan Blogwalking

lakukan hal tersebut sehabis membuat artikel. Sebenarnya SEO Off Page itu menurut saya adalah sama saja dengan mempromosikan blog kita di berbagai situs dengan atau dalam bentuk link yang menuju blog kita.

Sebenarnya saya ingin memberi arahhan saja, bila kalian cukup canggung dengan SEO Off page (backlink), saya sarankan saja lebih baik, kalian rajin update, karena ternyata google suka terhadap blog yang selalu update. Kita ambil saja contoh blog juragancipir.com, kata yang punya blog mbak Indri Lidiawati, "saya tidak pernah cari backlink", waktu itu saya tanya mbak indri di blognya lewat komentar, tapi kalau tidak percaya liat saja screenshot di bawah ini.


Anda tahukan blog juragancipir.com, blog yang satu ini memang selalu update, liat saja jumlah postnya kalau tidak salah sudah ratusan, saya cek waktu dulu, tapi mungkin sekarang sudah ribuan, saya juga belum cek lagi sekarang. Dan blog yang satu ini juga memang sangat aktif membahas tetang adsense, bisnis online, dan sebagainya, dan asalkan kalian tahu saja semua postingan di blog yang satu itu hampir semuanya pejwanloh sobat.

Bila kalian sudah jogo SEO Off Page, saya sarankan juga untuk membuat banyak artikel berkualiats juga, karena dengan kombinasi 2 hal tersebut blog anda mungkin jadi bisa sangat - sangat dicintai oleh google, memang sangatlah mudah bagi kalian yang sudah jago, jadi mudah menargetkan kata kunci dan memang, kita liat saja contohnya : dipucuk.blogspot.com, blog tersebut adalah blog yang mempunyai artikel hanya puluhan saja, tapi bila kalian buka salah satu postnya dan kalian cek backlinknya melewati SEOquake, anda coba liat berapa banyak?, liat 6.000 lebih dan mempunyai PA 64.


bisa kalian bayangkan saja susahnya mendaptkan backlink sebanyak itu hanya untuk satu post, dan tidak bisa di pungkiri bahwa blognya itu selalu pejwan, bisa kalian bayangkan bila 2 hal yang saya bilang di atas di satukan di blog tersebut ?.

Wah, akhirnya selesai juga posting kali ini cukup membuat jari saya keriting karena saya liat artikel ini tembus 1.000 kata lebih, berarti ini adalah artikel 1.000 lebih pertama saya di blog ini.
Ma'af bila ada salah - salah kata, sekian dan terima kasih, tapi bila kalian mempunyai saran dan kritik kalian bisa cantumkan di kolom komentar, sampai jumpa di posting saya selanjutnya ya.

Artikel keren lainnya:

6 Tanggapan untuk "Cara Agar Blog Kita Mempunyai Banyak Pengunjung"

  1. Wach Mantap gan artikelnya, ane sangat setuju dengan memperbanyak konten yang berkualitas, Content is king :)

    BalasHapus
  2. Konten adalah raja, SEO bukan segalanya. Jika konten dibutuhkan, maka akan secara otomatis pengunjung akan datang.

    BalasHapus
  3. untuk SEO off page saya belum paham mas

    BalasHapus
  4. fokus saja pada konten yang dimaksimalkan dengan SEO

    BalasHapus
  5. Makasih gan untuk informasinya, sangat membantu :)
    http://goo.gl/BKYz7c
    http://pengobatanalamimustajab.com/

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai artikel, komentar tidak nyambung akan saya hapus.